.

Cara Merawat Burung Kacer yang Mabung (Molting)


Merawat burung kacer memang susah-susah gampang, tetapi bila sudah berpengalaman maka terasa gampang, karena setiap masalah yang dialami bisa segera diatasi. Ada masa-masa di mana burung kacer mengalami sebuah permasalahan, yakni bulu-bulunya rontok, dan umumnya ini disebut dengan istilah mabung.

Jika kacer mengalami hal semacam ini maka diperlukan perawatan khusus yang memang tepat, sehingga kacer bisa mabung dengan proses yang bagus. Kacer yang mabung umumnya mulai pendiam atau jarang berkicau, jadi anda harus tahu keanehan apa saja yang dilakukan kacer selama mabung.

kacer mabung

Adapun hal-hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kacer yang mabung, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kacer lebih baik selalu dikerondong, dan jauhkan dari keramaian yang membuatnya merasa kurang nyaman. Di tempat yang sepi kacer akan merasa lebih nyaman dan tenang.

2. Untuk memandikan kacer jangan terlalu keseringan, lebih bagus memandikannya setiap 1 minggu sekali.

3. Jemur kacer selama 30 menit saja, jangan sampai berlebihan, karena mabung bulunya sedikit, sehingga akan merasa sensitif bila terkena sengatan matahari ataupun terkena angin dan udara.

4. Sebaiknya 2 minggu sekali berikan multivitamin yang mendukung pemulihan kesehatan kacer, sudah banyak di pasaran yang menjual obat untuk burung mabung.

Mungkin cukup sekian informasi seputar perawatan kacer mabung yang dapat kami berikan kepada sobat kacer mania, semoga berguna buat kita semua. Informasi lebih lengkap hanya di BudidayaKenari.com

Sumber: http://www.budidayakenari.com/2015/09/perawatan-kacer-mabung.html