.

Inilah Kiat-Kiat Sukses Memulai Usaha Baru


Memasuki dunia usaha tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih jika anda sudah memiliki pekerjaan tetap. Tentu akan sangat dilemma jika harus meninggalkan pekerjaan lama lalu mencoba peruntungan didunia usaha.

Banyak sekali keuntungan jika kita menjadi seorang bos, atau seorang pemilik usaha. Namun hal itu sebanding dengan resiko yang harus kita tanggung.  Namun jika anda sudah memiliki keinginan kuat untuk meninggalkan pekerjaan lama dan ingin mencoba peruntungan didunia usaha, ada beberapa kiat memulai usaha baru yang akan kita ulas berikut ini.


1. Pahami keuangan anda
Sebelum kita memasuki dunia usaha, pahami dulu keadaan keuangan anda, terlebih jika ini adalah kali pertama anda memasuki dunia usaha. Sebuah usaha baru, wajib memiliki perencanaan keuangan, agar bisa bertahan dan berkembang. Selain itu, anda perlu memerhatikan biaya operasional, jumlah anggaran yang akan dikeluarkan, serta berapa banyak kekuatan financial anda.

2. Manajemen dan disiplin diri
Menjadi bos bagi usaha sendiri tidak hanya sekedar memenejemen keuangan. Namun pengendalian, manajemen dan disiplin diri adalah hal yang sangat penting. Dalam dunia usaha, kita akan menemukan berbagai masalah yang harus kita hadapi. Sikap kita dalam menangani setiap masalah, merupakan hal utama yang akan membuat usaha anda maju atau sebaliknya.

3. Rencana kerja harus matang
Hal penting lainnya dalam memulai usaha baru adalah rencana kerja yang matang. Sebelum usaha itu berdiri, anda sudah harus menyusun rencana kerja dengan benar-benar matang. Misalnya seperti Karyawan, prosedur pekerjaan yang akan mereka jalankan, kemana arah usaha anda akan anda bawa, serta siapa pangsa pasar yang akan anda garap.

4. Manfaatkan waktu kosong
Membagi waktu antara mengurus pekerjaan kantor dan usaha, memang hal yang tidak mudah. Seperti misalnya ketika istri anda mengadu kepada anda karena dia tersinggung oleh ibu anda, siapa yang akan anda pilih, istri atau ibu? usaha pun demikian. Intinya, kita harus benar-benar memanfaatkan waktu luang kita. Mungkin bisa di waktu luang setelah bekerja ataupun ketika kita sedang libur bekerja. Kenapa harus begitu? Kita bisa mengambil contoh dari sebuah modil, mobil yang sedang berhenti tidak pernah start dari gigi 4 atau gigi 5, pasti dimulai dari gigi pertama. Begitu juga dalam dunia usaha, lakukan secara perlahan dengan perencanaan yang matang. Maka dengan begitu usaha anda akan mulai berkembang sedikit demi sedikit.

5. Jalin hubungan baik dengan teman di tempat kerja lama.
Meskipun anda memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai bisnis. Jangan pernah putuskan hubungan anda dengan rekan kantor anda yang dulu, selalu jalin hubungan baik dengan semua orang, maka ini akan menjadi faktor perkembangan bisnis anda kedepannya.

Nah itulah ulasan mengenai kiat-kiat memulai usaha baru. Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda yang ingin mencoba terjun kedalam dunia usaha.