.

Khasiat Alami Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rambut


Sejarah mencatat bahwa lidah buaya sudah digunakan sejak lama sebagai bagian dari perawatan kecantikan, termasuk untuk keindahan rambut. Tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut.

Khasiat lidah buaya untuk rambut adalah menjadikannya lebih lembut dan tidak mudah kusut sehingga bisa diatur dengan mudah. Selain itu, lidah buaya juga bisa menjadi kondisioner alami, menguatkan rambut, mengurangi kerontokan, mengatasi rambut bercabang, hingga mengatasi ketombe.


Kondisioner Alami
Untuk kamu yang sedang mencari kondisioner yang pas untuk jenis rambutmu, tidak perlu terlalu pusing karena lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner alami. Rambut kamu yang kusam bisa diatasi dengan menggunakan lidah buaya ini. Kandungan di dalam gel lidah buaya ini mampu menutrisi rambut dengan baik sehingga menjadikannya lebih halus dan lembut.

Untuk menggunakannya sebagai kondisioner, siapkan beberapa batang lidah buaya terlebih dahulu kemudian ambil bagian dalamnya (gel). Haluskan gel lidah buaya ini dan campur bersama 1 butir telur, lalu kocok hingga rata. Selanjutnya, gunakanlah ramuan ini sebagai kondisoner seperti biasanya. Setelah sekitar 15 menit, bersihkan rambutmu dengan air dingin. Jika dilakukan secara rutin, maka rambut yang sehat berkilau akan segera kamu dapatkan.

Menguatkan Rambut
Bukan hanya membuat rambut berkilau, namun lidah buaya juga bisa menguatkan rambut kamu. Hal ini sangat dimungkinkan karena lidah buaya memiliki kandungan asam amino yang bisa menjaga keindahan sekaligus memperkuat rambut. Selain itu, kandungan lidah buaya ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol produksi minyak di kulit kepala sehingga lebih sehat dan bersih.

Mengatasi Kerontokan
Pada dasarnya, lidah buaya membantu untuk meregenerasi folikel-folikel rambut di kulit kepala. Jadi selain menutrisi rambut, lidah buaya juga bisa menyerap hingga ke dalam kulit kepala sehingga akar rambut semakin kuat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sejenis enzim yang bisa melindungi dan menjaga pertumbuhan rambut.

Selain itu, sifat basa dari lidah buaya juga bisa menjaga keseimbangan pH di kulit kepala yang kemudian membuat pertumbuhan rambut lebih optimal. Dalam artian lain, kemampuan ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kerontokan.

Mengatasi Rambut Bercabang
Khasiat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah mengatasi rambut bercabang. Caranya dengan mencampur gel lidah buaya bersama perasan air lemon, kemudian terapkan pada rambut kamu. Aplikasikan ramuan ini secara merata hingga ke bagian ujung rambut yang bercabang. Setelah beberapa menit, cuci rambut dengan air hangat.

Mengatasi Ketombe
Kandungan enzim proteolitik di dalam lidah buaya sangat efektif dalam menyingkirkan ketombe dan serpihan-serpihan kulit mati yang membuat folikel rambut tersumbat. Lidah buaya juga terkenal dengan sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti septik. Jika dioleskan ke kulit kepala, maka kandungan tersebut akan bekerja efektif dalam mengurangi ketombe sekaligus mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan oleh ketombe.

Nah, jika kamu memiliki kulit kepala yang kering, sebaiknya manfaatkanlah lidah buaya ini. Penggunaan lidah buaya akan membuat kulit kepala kamu menjadi lebih lembap sekaligus menjadikannya terasa lebih segar. Hal ini sangat dianjurkan untuk kalian para wanita yang mengenakan jilbab, sehingga kulit kepalamu bisa tetap terasa segar sekalipun tertutup jilbab sepanjang hari.

Kandungan berbagai macam vitamin, enzim, dan mineral di dalam lidah buaya membuatnya sangat efektif untuk dijadikan produk alami dalam menutrisi dan merawat keindahan rambut. Cukup dengan menggunakannya 1 kali dalam seminggu, maka kamu akan mendapatkan rambut yang terbebas dari masalah minyak, ketombe, dan kerontokan.

Semoga informasi mengenai khasiat lidah buaya untuk rambut yang kami berikan kali ini bisa menjadi tambahan informasi bagi kamu dalam melakukan perawatan yang alami. Selamat mencoba.