.

Tips Membangun Bisnis Dengan Konsep Waralaba


Memiliki bisnis yang besar dan berkembang adalah impian setiap orang. Namun terkadang tak semua orang mengetahui bagaimana caranya agar bisnis yang sedang mereka jalankan bisa maju dan berkembang. Salah satu cara agar bisnis kita maju dan berkembang adalah dengan memakai konsep waralaba.

Banyak sekali pebisnis yang ingin berkembang melakukan konsep waralaba. Karena dengan memakai konsep waralaba, sebuah usaha bisa berkembang dengan cepat dan lebih efisien. Nah, berikut ini adal beberapa tips untuk membangun  bisnis dengan konsep waralaba. Mari kita simak ulasan berikut ini.


1. Memiliki konsep bisnis yang jelas
Sebagai seorang pebisnis, tentu anda akan nyaman melakukan bisnis dengan mengikuti apa kata hati atau sering disebut juga dengan istilah intuisi. Namun sebagai seorang calon franchisor, anda diharuskan untuk membuat konsep bisnis yang jelas. Karena setiap langkah dalam menjalankan bisnis harus ada dalam system, bahkan untuk pekerjaan yang kecil.

2. Pilihlah franchisee (waralaba) dengan teliti
Ada sebuah pepatah yang bebunyi “Jangan menikah dengan tergesa-gesa” mungkin pepatan ini juga bisa dipakai dalam usaha kita untuk memilih waralaba yang tepat. Hubungan antara Franchisee dan Franchisor adalah suatu hubungan untuk jangka waktu yang lama. Maka jika anda tidak teliti dalam memilihnya, akan ada masalah dikemudian hari.

3. Investasi serius lewat Pelatihan
 Pelatihan bertujuan agar franchisee dapat memahami komponen-komponen dasar yang mereka butuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Dengan pelatihan yang solid, franchisee maupun franchisor akan mendapat banyak sekali keuntungan.

4. Melakukan kontrol secara ketat
Franchisor harus melakukan kontrol terhadap kegiatan operasi bisnisnya. Selain itu, franchisor juga harus mememeriksa operasional franchisee, seperti promosi, praktik akuntansi serta kebijakan personalia. Hal ini dilakukan agar operasi bisnis yang sedang dijalankan menjadi jelas.
Nah itulah sedikit tips tentang membangun bisnis dengan konsep waralaba. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam membangun bisnis degan konsep waralaba.