.

Tips Memilih Shampo Yang Tepat Buat Wanita Maupun Laki-Laki


Tentu kamu biasa merasa kebingungan saat akan memilih produk shampo tertentu bukan? Kamu pasti bingung dalam membandingkan keunggulan dari setiap produk tersebut. Sekalipun produk-produk tersebut menawarkan berbagai keunggulan, namun belum tentu sesuai jika digunakan pada rambut kamu.

Hal seperti ini kemudian membuat kita terbiasa untuk mencoba-coba dan akhirnya kesehatan rambut kita pun dipertaruhkan. Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya simak tips memilih shampo yang tepat berikut ini:


MENGENALI TEKSTUR RAMBUT
Cobalah untuk menyentuh rambut kamu dan rasakan apakah teksturnya terasa kuat, tipis, lurus, bervolume, keriting, atau lain sebagainya. Hal ini sangatlah penting mengingat setiap jenis rambut memiliki jenis perawatannya tersendiri. Untuk rambut yang keriting misalnya, penggunaan shampo yang berat justru bisa membuatnya semakin mengembang.

Hal ini tentu akan berbeda untuk mereka yang berambut tipis, karena shampo yang memiliki kandungan berat justru sangat dianjurkan untuk digunakan agar volume rambutnya bisa bertambah. Sementara untuk kamu yang memiliki rambut yang rusak dan kurang terawat, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan shampo yang kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi.

MENGENALI MASALAH RAMBUT
Setelah mengenali tekstur rambut, maka kini saatnya untuk mempelajari apa sebenarnya yang menjadi masalah pada rambutmu. Perhatikan apakah masalah yang kamu hadapi itu ketombe, rambut kusam, rontok, bercabang, atau yang lainnya.

- Rambut Berketombe
Untuk kamu yang memiliki masalah ketombe, gunakanlah produk shampo yang memiliki tiga kandungan berikut:
• Pyrithione zinc. Zat ini berfungsi sebagai anti inflamasi.
• Salicylic acid. Berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati di kulit kelapa.
• Selenium sulfide. Berfungsi untuk menjadikan rambut kamu lebih halus.

- Rambut Kering
Apabila kondisi rambut dan kulit kepala kamu cenderung kering, maka gunakanlah shampo yang memiliki fungsi sebagai kondisoner agar rambutmu bisa tetap terjaga kelembapannya. Dikarenakan rambut yang kering itu sangat mudah patah dan bercabang, maka pilihlah shampo yang mengandung banyak nutrisi dan pelembap. Perhatikan pula formulanya, karena shampo yang cocok untuk rambut kering biasanya mengandung bahan-bahan yang lembut dan ringan seperti madu, minyak zaitun, minyak almond, atau chamomile.

- Rambut Berminyak
Tips memilih shampo yang tepat selanjutnya diperuntukkan bagi kalian yang memiliki rambut berminyak. Kamu wajib menggunakan shampo yang efektif dalam membersihkan kelebihan minyak dan lemak di kulit kepala tapi tetap aman untuk digunakan sehari-hari. Nah, produk shampo yang bisa kamu coba adalah jenis clarifying shampoo karena sangat efektif dalam mengangkat kelebihan minyak dan lemak di kulit kepala. Selain itu, kamu bisa juga mencoba shampo yang diperuntukkan bagi bayi karena teksturnya yang lembut dan mampu mengontrol produksi minyak secara maksimal.

- Rambut yang Diwarnai
Jika kamu senang mewarnai rambut, maka gunakanlah shampo yang khusus agar warna rambut tersebut tidak cepat luntur. Sebaiknya pilihlah shampo yang ringan dan “ramah” untuk rambut kamu. Hal ini mengingat rambut yang sudah diwarnai akan berubah menjadi lebih sensitif dibanding sebelumnya.

KANDUNGAN SHAMPO
Setelah mengenali tekstur dan masalah yang dialami oleh rambutmu, maka kini saatnya untuk mempelajarai kandungan dari sebuah produk shampo. Pastikan agar shampo yang kamu pilih tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Akan lebih baik jika kamu mengutamakan produk shampo yang menggunakan bahan-bahan alami.

Itulah beberapa tips memilih shampo yang tepat yang sekiranya bisa membantu untuk mengurangi masalah pada rambutmu. Jangan mudah tergiur oleh sebuah produk, dan pahamilah bahwa shampo yang bekerja efektif pada orang lain belum tentu bagus untuk rambut kamu.