.

Tips Mengatasi Rambut Lepek Pada Wanita


Rambut yang lepek jelas sangat mengganggu penampilan, terutama untuk kita para wanita. Jika ditengah-ditengah aktivitas rambut kita tiba-tiba berubah menjadi layu, kusam, dan lepek, maka kepercayaan diri pun akan hilang begitu saja.

Pada dasarnya, kondisi rambut lepek ini disebabkan oleh produksi minyak pada kulit kepala yang sangat aktif, sehingga menghasilkan tumpukan minyak dan lemak di kulit kepala yang kemudian tersebar ke seluruh bagian rambut.


TIPS MENGATASI RAMBUT LEPEK
Perlu dipahami bahwa kondisi ini tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki rambut berminyak saja, karena bisa juga terjadi untuk mereka yang berambut normal namun memiliki aktivitas yang menghasilkan banyak keringat. Keringat yang dihasilkan pada kulit kepala inilah yang kemudian akan menjadikan rambut menjadi lepek.

Berangkat dari hal ini, maka kami akan membagikan sejumlah tips yang bisa mengembalikan kesehatan dan keindahan rambutmu.

Mencuci Rambut
Saat rambut kamu sudah dirasa sangat lepek, maka segeralah keramas. Saat keramas, usahakan untuk tidak menggosok kulit kepala terlalu keras, karena bisa merangsang kelenjar minyak di kulit kepala untuk lebih aktif dalam memproduksi minyak. Sementara untuk kondisioner, sebaiknya jangan digunakan. Sekalipun hal ini bisa membantu untuk melembutkan rambut, namun kondisioner juga akan menjadikan rambut lebih lembap sehingga lebih mudah lepek.

Tapi jika kamu memang merasa harus menggunakan kondisioner, sebaiknya terapkan pada bagian tengah dan ujung rambut kamu saja. Selain itu, hindari pula kebiasaan keramas dengan menggunakan air hangat. Hal ini dikarenakan suhu dari air tersebut akan membuka pori-pori pada kulit kepala yang kemudian memicu meningkatnya produksi minyak.

Menata Rambut
Masalah rambut lepek masih bisa diatasi dengan menggunakan lotion atau spray rambut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan volume rambut sehingga terlihat tebal. Nah, ketika volumenya bisa lebih tebal, maka masalah rambut lepek bisa diminimalisir.

Penggunaan Hair Dryer
Tips mengatasi rambut lepek selanjutnya adalah memperhatikan cara penggunaan hair dryer. Pasalnya, suhu panas yang dihasilkan oleh peralatan ini bisa berdampak buruk terhadap kesehatan rambut kita. Untuk itu, atur agar suhu hair dryer tersebut tidak terlalu tinggi, dan gunakan pada jarak sekitar 15-20 cm dari rambut kamu.

Potongan Rambut
Potongan rambut yang kamu pilih ternyata bisa juga berpengaruh atau memanipulasi kondisi rambut lepek ini. Caranya dengan mencoba potongan rambut ber-layer, khususnya pada bagian wajah. Hal ini akan membantu penampilan kamu agar terkesan lebih bervolume. Selain itu, model rambut bob juga bisa membuat rambut kamu terkesan lebih penuh.

Dry Shampo
Jika kamu sedang dihadapkan pada kondisi yang darurat seperti saat akan menghadiri pertemuan dan tidak sempat mencuci rambut, maka cobalah menggunakan dry shampo. Jenis shampo ini sama dengan shampo pada umumnya, namun berbentuk spray dan tidak perlu di cuci sehingga sangat praktis digunakan.

Tapi dikarenakan produk dry shampo ini tergolong cukup mahal, maka kamu bisa mencoba alternatif lain seperti menggunakan ikat rambut, bando, ataupun aksesoris lainnya. Hal seperti ini bisa membantu agar penampilan kamu terkesan lebih segar serta menyamarkan kondisi rambutmu yang lepek.

Nah, itulah beberapa tips mengatasi rambut lepek yang bisa kamu coba. Semoga masalah rambut lepek ini bukan lagi menjadi hal yang kamu takutkan. Selamat mencoba.