.

Untung Besar Dengan Bisnis Musiman, Mau Coba?


Musim boleh berganti, dan momen boleh berlalu. Namun lusa, musim dan momen itu akan datang kembali. Itulah prinsip seorang pebisnis musiman. Dalam setahun banyak momen-momen penting yang bisa di manfaatkan untuk berbisnis. Jika kita jeli dalam mencari peluang, momen-momen yang terjadi setiap tahun bisa dijadikan ide bisnis yang menguntungkan.

Kendala utama dari berbisnis musiman adalah waktu yang terbatas. Namun jika barang atau jasa yang anda tawarkan tepat, ditambah dengan momen yang tepat, anda akan mendapat banyak keuntungan darinya. Keuntungan dari penjualan yang ramai pada momen-momen tertentu seakan menutupi kendala waktu yang terbatas. Karena pada momen tertentu atau pada hari-hari besar, banyak orang yang ingin merayakannya, sehingga mereka cenderung lebih konsumtif.


Para pebisnis musiman biasanya sudah tahu dengan pasti produk apa yang harus mereka tawarkan, karena kebiasaan masyarakat pada momen-momen tertentu cenderung sama setiap tahunnya. Agar kita terhindar dari kerugian, usahakan produk yang kita jual bukanlah produk yang cepat busuk, agar ketika produk kita tidak habis, bisa dijual kembali di kemudian hari pada saat musim tersebut kembali.

Beberapa contoh peluang bisnis musiman yang dapat kita manfaatkan antara lain:

1. Bisnis keranjang parcel serta paket parsel pada saat akan menghadapi hari-hari besar seperti hari raya idul fitri atau hari natal dan tahun baru.

2. Peluang usaha kue-kue kering untuk menghadapi hari lebaran.

3. Peluang usaha masakan-masakan untuk berbuka puasa pada saat bulan ramadhan.

4. Peluang usaha aksesoris-aksesoris pohon natal pada saat hari natal.

5. Peluang bisnis kerajinan terompet ketika akan menghadapi pergantian tahun.

6. Peluang bisnis buku-buku dan alat tulis pada saat pergantian ajaran baru. Selain itu bisa juga menjual tas dan sepatu sekolah yang biasanya laku keras pada saat pergantian ajaran baru.

Nah itulah beberapa ide bisnis untuk menghadapi momen-momen atau hari-hari besar yang biasanya terjadi setahun sekali. Jika kita jeli melihat peluang dalam setiap momen, kita akan mendapatkan banyak keuntungan dari setiap momen yang kita lewati. Itulah ulasan singkat mengenai “untung besar dari bisnis musiman”. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.