Cara Sehat Merawat Rambut Berminyak | JapanindoCuteCulture.com

Cara Sehat Merawat Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak jelas membutuhkan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Hal ini dikarenakan kulit kepala akan terus menerus memproduksi minyak (sebum) dalam jumlah yang banyak. Kondisi ini kemudian membuat rambut mudah berminyak, lengket, lepek, gatal-gatal, bahkan bisa menimbulkan bau yang tidak enak.

Nah, jika kamu ternyata memiliki jenis rambut seperti ini, maka simaklah cara merawat rambut berminyak berikut:

rambut wanita berminyak

Sering Mencuci Rambut
Dibanding dengan rambut normal, rambut yang berminyak harus lebih sering dicuci. Hal ini bertujuan agar produksi minyak di kulit kepala bisa dikurangi. Untuk lebih optimal, maka gunakanlah shampo yang memang didesain untuk rambut berminyak. Meskipun demikian, bukan berarti kamu dibolehkan untuk mencuci rambut setiap harinya. Mencuci rambut setiap hari dengan shampo justru bisa membuat kulit kepala lebih cepat kering. Jika sudah demikian, maka kelenjar minyak yang ada pada kulit kepala secara alami akan merespon hal ini dengan meningkatkan produksinya. Maka dari itu, cucilah rambut kamu sesering mungkin (3X seminggu), tapi jangan setiap hari.

Menggunakan Air Dingin
Setelah keramas, bilaslah rambut kamu dengan air dingin. Penggunaan air dingin akan membantu untuk memperkecil pori-pori di kulit kepala sehingga kinerja dari kelenjar minyak bisa lebih ditekan. Selain itu, air dingin juga bisa menutupi kutikula serta mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut. Kamu bisa juga menggunakan air biasa asalkan suhunya sesuai dengan suhu tubuh kamu. Sebaiknya jangan menggunakan air hangat untuk keramas karena bisa membuat pori-pori kulit kepala menjadi terbuka sehingga kelenjar minyak bisa berproduksi lebih aktif.

Pengeringan Rambut
Untuk mengeringkan rambut, usahakan agar kamu bisa melakukannya secara alami. Penggunaan hair dryer sebaiknya dihindari karena panas yang dihasilkan oleh alat tersebut justru semakin merangsang produksi minyak. Jika kamu memang harus menggunakan hair dryer, maka usahakan agar jaraknya tidak terlalu dekat sehingga panas yang mengenai rambutmu bisa diminimalisir. Selain itu, hindari juga penggunaan alat-alat perawatan rambut seperti hair blow atau pelurus rambut.

Hindari Penggunaan Kondisioner
Cara merawat rambut berminyak selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan kondisioner. Mengapa demikian? Perlu dipahami bahwa kondisioner bertujuan untuk menutrisi dan melembapkan rambut. Namun ketika diterapkan pada rambut yang berminyak, maka bisa membuatnya semakin lembap sehingga lebih cepat berminyak. Tapi jika kamu merasa sangat membutuhkan kondisioner ini, maka usahakan untuk memilih produk yang kandungan minyaknya sedikit atau yang berbasis oil free.

Selain itu, pastikan bahwa saat kamu menggunakan kondisioner ini, jangan sampai mengenai akar rambut dan kulit kepala. Pasalnya, hal ini bisa memperparah produksi minyak di kulit kepala. Cukup gunakan kondisioner pada bagian tengah hingga ke ujung rambut kamu. Bagian ujung rambut ini juga merupakan bagian yang harus di nutrisi karena sangat mudah bercabang.

Kurangi Kebiasaan Menyisir dan Memegang Rambut
Usahakan agar kamu bisa mengurangi kebiasaan menyisir atau memegang rambut terlalu sering. Sentuhan dan tekanan dari sisir bisa mengenai kulit kepala yang kemudian merangsang produksi minyak menjadi lebih aktif. Sementara itu, terlalu sering memegang rambut akan membuat minyak lebih cepat tersebar ke seluruh permukaan rambut. Untuk itu, kurangilah kebiasaan kamu untuk menyisir dan memegang rambut terlalu sering.

Masker Alami Rambut
Rambut yang berminyak sangat pas jika dirawat dengan menggunakan bahan-bahan yang alami, salah satunya dengan penggunaan masker. Kamu bisa mencoba ramuan dari air lemon dan baking soda. Caranya dengan mencampur baking soda bersama air hangat terlebih dahulu, kemudian tambahkan perasan air lemon secukupnya, aduk rata. Setelah itu, gunakan ramuan ini sebagai masker pada kulit kepala kamu sambil memijat-mijat dengan lembut. Biarkan masker ini melekat pada kulit kepala selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Selain itu, kamu bisa juga mencoba beberapa masker alami lainnya seperti kuning telur, lidah buaya, inai, ataupun madu.

Nah, itulah beberapa cara merawat rambut berminyak yang bisa kamu coba di rumah. Jika kamu bisa menerapkannya secara rutin, maka produksi minyak berlebih pada rambutmu bisa segera diatasi.