.

Perawatan Rambut Wanita Berdasarkan Jenis Rambut


Bagi kita para wanita, rambut adalah harta yang sangat berharga. Sepertinya tidak ada satupun yang akan menyangkal bahwa rambut ini sudah menjadi sebuah mahkota bagi para wanita. Maka dari itu, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan rambut dengan melakukan perawatan yang tepat.

Metode perawatan rambut itu sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan, karena setiap wanita memiliki jenis rambut yang berbeda. Dikarenakan jenis rambut kita yang berbeda-beda, maka perawatan yang dilakukan tentu harus berbeda pula. Nah, dengan mengenal jenis rambut terlebih dahulu, maka akan memudahkan kita dalam menentukan perawatan yang dilakukan, seperti misalnya dalam pemilihan shampo ataupun kondisioner.


PERAWATAN BERDASARKAN JENIS RAMBUT
Berikut cara untuk merawat rambut berdasarkan jenisnya:
- Rambut Berminyak
Jika kamu adalah wanita yang memiliki rambut berminyak, maka kami menyarankan untuk segera mengganti shampomu. Banyak pihak yang menyarankan agar wanita dengan rambut seperti ini melakukan keramas menggunakan shampo bayi. Hal ini dikarenakan shampo bayi memiliki kandungan yang bukan hanya bisa membersihkan, namun bisa mengontrol produksi minyak di kulit kepala. Selain itu, hindari pula penggunaan kondisioner karena bisa membuat rambut semakin lembap sehingga sangat berpotensi untuk meningkatkan produksi minyak di kulit kepala. Mengingat rambut yang berminyak ini sangat cepat kotor, maka cobalah untuk lebih sering mencuci rambutmu. Pastikan pula untuk menggunakan sisir yang bergigi jarang agar tekanan pada kulit kepala bisa dikurangi yang kemudian membuat produksi minyak bisa lebih diminimalisir.

- Rambut Kering
Bagi kamu yang berambut kering, usahakan untuk menggunakan shampo yang memang sudah didesain untuk rambut kering. Untuk penggunaan kondisioner, ada baiknya jika kamu memilih produk yang memiliki kandungan madu di dalamnya agar kelembapan rambutmu bisa tetap terjaga. Rambut yang kering itu juga sangat mudah rontok sehingga hindari penggunaan sisir yang bergigi rapat.

- Rambut Kombinasi
Bagi kamu yang memiliki rambut kombinasi, sebaiknya utamakan penggunaan shampo di kulit kepala. Sementara itu, penggunaan kondisioner sebaiknya dititik beratkan pada bagian tengah hingga ke ujungnya saja. Agar bisa lebih rapi, usahakan agar menggunakan sisir yang bergigi jarang.

- Rambut yang Diwarnai
Tips perawatan berdasarkan jenis rambut selanjutnya diperuntukkan bagi kalian yang senang mewarnai rambut. Hal ini sangatlah penting mengingat proses pewarnaan rambut yang menggunakan berbagai bahan kimia sangat berpotensi menjadikan rambut kita kering, patah, dan bercabang sehingga sangat butuh perhatian lebih.

Untuk itu, cucilah rambut kamu dengan shampo yang didesain khusus untuk rambut kering. Dalam proses pencucian rambut ini, lakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama dengan mengaplikasikan sampo ke bagian kulit kepala terlebih dahulu, kemudian tahap kedua pada bagian akar menuju ujung rambut. Pastikan pula untuk menggunakan kondisioner agar kelembapan alami rambutmu yang hilang akibat pewarnaan rambut bisa dikembalikan. Setelah proses pencucian rambut ini, kamu bisa juga menggunakan vitamin rambut agar kelembapannya bisa terkunci.

Hal ini berlaku pula untuk kalian yang melakukan perawatan rambut dengan berbasis bahan kimia lainnya seperti rebonding, smoothing, ataupun curly. Jika diperlukan, lakukanlah perawatan hair spa agar kelembapan rambutmu bisa tetap terjaga. Jika kamu tidak memiliki waktu ke salon, maka gunakanlah obat hair spa di rumah.

Merawat rambut memang tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam melakukan hal tersebut. Namun hal ini tentunya akan memberikan dampak yang sangat positif bagi keindahan dan kesehatan rambut kamu. Untuk itu, pastikan agar kamu bisa memberikan perhatian yang lebih pada bagian rambut.

Semoga informasi mengenai perawatan berdasarkan jenis rambut di atas bisa memberikan kamu referensi mengenai bagaimana cara yang tepat dalam merawat rambut itu sendiri. Selamat mencoba.