.

Tips Menyesuaikan Warna Rambut dengan Warna Kulit


Mewarnai rambut sudah menjadi simbol atau cara untuk menunjukkan sebuah tren. Mewarnai rambut dianggap mampu membuat penampilan seseorang terkesan lebih modis dan stylish. Meski demikian, memilih warna rambut ini tidak boleh sembarangan. Untuk mereka yang paham mengenai arti dari setiap warna rambut ini, tentu akan lebih hati-hati sebelum mengaplikasikannya.

Perlu dipahami bahwa warna dari rambut kita tidak akan digunakan dalam satu atau dua hari saja, namun untuk waktu yang lama. Maka dari itu, kita wajib untuk memilih warna yang bisa terlihat pas. Nah, kunci utama untuk mendapatkan penampilan rambut yang sesuai adalah dengan menyesuaikannya dengan warna kulit kita itu sendiri.


MENYESUAIKAN WARNA RAMBUT DENGAN WARNA KULIT

- Kulit Cerah atau Hangat
Kulit yang hangat atau cerah akan terlihat sesuai jika menggunakan warna-warna rambut seperti pirang, tembaga, stroberi, merah mahogani, atau cokelat. Sejumlah warna ini bisa menampilkan kesan yang serasi pada kulit kamu. Akan lebih maksimal jika kamu menambahkan highlight berwarna kemerahan atau keemasan.

- Kulit Dingin
Bagi kamu yang berkulit dingin, sebaiknya cobalah warna rambut seperti pirang keperakan, cokelat muda, abu-abu, atau pirang platinum. Jika kamu ingin menambahkan highlight, sebaiknya pilihlah yang berwarna lebih ringan.

- Kulit Kombinasi
Bagi kalian yang memiliki jenis kulit antara dingin dan hangat, sebaiknya pilihlah warna rambut coklat keemasan, coklat madu, mahoni, atau tembaga. Pemilihan warna seperti ini tidak akan membuat penampilan kamu terkesan mencolok atau terlalu menonjol pada bagian rambut, sehingga secara keseluruhan masih terlihat seimbang.

CARA MENGETAHUI JENIS WARNA KULIT
Agar bisa menyesuaikan warna rambut dengan warna kulit, tentu kita harus paham terlebih dahulu seperti apakah jenis kulit kita. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan kain contoh  ke wajah. Hal ini dikarenakan kulit pada wajah merupakan bagian yang sangat dekat dengan rambut sehingga wajah bisa dijadikan sebagai patokan dalam memilih warna nantinya.

Pada dasarnya, seseorang bisa dikatakan memiliki jenis kulit hangat apabila warna alami rambutnya cokelat keemasan, merah, pirang keemasan, atau pirang kemerahan. Tapi kamu bisa juga mencoba cara lain yaitu dengan menempelkan kain yang berwarna terang pada wajah, misalnya kain orange. Apabila wajah kamu terlihat cerah, maka kulit kamu tergolong sebagai jenis hangat. Untuk kamu dengan jenis kulit hangat, sebaiknya hindarilah untuk mewarnai rambut dengan warna yang terkesan pucat ataupun tua.

Pada dasarnya, seseorang memiliki jenis kulit dingin apabila rambutnya secara alami berwarna cokelat tua, hitam keabu-abuan, hitam kebiruan, atau pirang keemasan. Kamu bisa juga mencobanya dengan menempelkan kain biru atau ungu pada wajah kamu. Jika wajah kamu terlihat cerah, berarti kamu memiliki jenis kulit yang dingin. Untuk jenis kulit dingin, sebaiknya hindarilah untuk mewarnai rambut dengan warna merah muda, emas, ataupun merah perunggu karena akan membuat penampilan kamu terlihat pucat. Selain itu, hindari pula warna yang berbasis kuning.

Agar bisa memudahkan kamu dalam memilih warna rambut, maka cobalah untuk menempelkan kain dengan warna yang menyerupai warna rambut yang akan kamu gunakan. Jika ternyata wajah kamu terlihat kusam, maka bisa dipastikan bahwa warna tersebut tidak cocok jika diaplikasikan sebagai warna rambut.

Lantas, bagaimana untuk mereka yang berkulit sawo matang? Secara awam, jenis kulit ini lebih cocok untuk menggunakan warna rambut ungu atau merah. Sementara bagi kamu yang berkulit kuning langsat, hampir semua warna rambut bisa serasi untuk diaplikasikan. Meski demikian, kami menganjurkan untuk menghindari penggunaan warna emas.

Nah, bagi kalian yang berkulit putih, berbahagialah karena semua jenis warna rambut bisa kamu coba. Untuk mereka yang berkulit gelap, kami menganjurkan untuk mewarnai rambutnya dengan warna-warna yang cenderung gelap pula. Hal ini bertujuan agar penampilan kamu tidak terlalu kontras yang bisa membuatnya terlihat berat pada bagian atas.

Nah, itulah tips untuk menyesuaikan warna rambut dengan warna kulit. Semoga bisa menjadi referensi sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan warna rambut tertentu. Namun pastikan untuk tidak terlalu sering mewarnai rambut kamu, karena bisa membuatnya mudah rusak.