.

Cara Paling Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina


Burung kenari akhir-akhir ini memang menjadi trend yang sangat banyak peminatnya, tidak hanya itu, penangkar kenari yang berusaha untuk mengembangbiakkan burung cantik ini pun turut meningkat. Banyak yang mulanya sekedar hobi memelihara kenari untuk dipajang di rumah, kini beralih menjadikan kenari sebagai bisnis dengan prospek yang bagus dan menguntungkan tentunya.

Beternak burung kenari ada yang bilang susah, dan ada juga yang bilang gampang. Namun, sebenarnya itu tergantung pengalaman dan kebiasaan masing-masing dari sang penangkar itu sendiri. Semakin pengalaman sang penangkar, maka tentu semakin mudah dalam menangkar burung kenari.

kenari jantan dan betina

Sebenarnya beternak burung kenari tak jauh berbeda dengan beternak burung kicau lainnya, seperti: lovebird, kacer, pleci, dan lain sebagainya. Sang penangkar cukup memberikan perawatan terbaik sesuai kebutuhan, tentu sang penangkar juga harus mengetahui masing-masing karakter dan pakan favoritnya, itu yang terpenting.

Dalam beternak kenari, hal mendasar yang harus dilakukan oleh penangkar adalah memilih indukan yang bagus dan berkualitas. Namun, ada yang paling penting, yaitu harus mengetahui jenis kelamin kenari tersebut, apakah jantan ataupun betina. Bagaimana mau menjodohkan kenari, sedangkan jenis kelaminnya saja belum mengetahuinya?

Maka dari itu, kali ini kami akan berbagi tips mudah untuk membedakan kelamin kenari jantan maupun betina untuk sobat sekalian.

Berikut cara membedakan kenari jantan dan betina:

1. Pegang kenari yang kita coba deteksi kelaminnya, lihat bagian sekitar bawah perut, dan usaplah dengan tangan secara halus, jika terdapat benjolan kecil, maka kenari tersebut adalah kenari jantan, begitu sebaliknya.

2. Dari segi postur, kenari betina posturnya lebih pendek dari kenari jantan.

3. Kenari jantan kepalanya terlihat lebih pipih dibandingkan betina, sedangkan yang betina lebih terlihat bulat.

4. Umumnya mata kenari betina berada di atas paruh, sedangkan yang jantan sejajar dengan paruhnya.

Mungkin cukup sekian beberapa tips dan cara jitu membedakan kelamin kenari jantan dengan kenari betina, semoga sobat bisa dengan mudah membedakannya setelah membaca artikel kami ini, terima kasih.