.

Faktor Resiko Hipertensi


Adada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya hipertensi, dan anda perlu mengetahuinya. Mengingat, hipertensi dapat berdampak buruk bila terus dibiarkan.


Tekanan darah tinggi memiliki beberapa faktor resiko, yaitu :

- Kelebihan berat badan atau obesitas.
- Resiko tekanan darah tinggi meningkat sesuai dengan faktor usia.
- Latar belakang keluarga.
- Ras dan suku bangsa juga berhubungan dengan resiko hipertensi.
- Merokok. Terlalu banyak garam (sodium) pada diet anda. Terlalu banyak sodium pada diet anda dapat menyebabkan tubuh anda menahan cairan yang meningkatkan tekanan darah.
- Tidak aktif secara fisik. Denyut jantung orang-orangyang tidak aktif cenderung lebih tinggi. Sehingga semakin keras jantung anda harus bekerja dengan setiap kontraksi dan semakin kuat gaya pada arteri anda. Kekurangan aktivitas fisik juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan.
- Terlalu sedikit potasium pada diet anda. Pottasium membantu menyeimbangkan jumlah dari sodium di sel anda. Jika anda tidak mendapat potasium yang cukup pada diet anda atau menahan potasium, sehingga bisa terjadi banyak penumpukan sodium di dalam darah.
- Terlalu banyak minum alkohol.
- Terlalu sedikit vitamin D di dalam darah anda. Vitamin D dapt mempengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal yang berpengaruh pada tekanan darah anda.
- Terkadang kehamilan juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.
- Stres. Kondisi kronik tertntu. Seperti kolesterol tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan sleep apnea.

Walaupun tekanan darah tinggi pada umumnya banyak terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga memliki resiko terkena tekanan darah tinggi. Untuk beberapa kejadian pada anak-anak,  tekanan darah tinggi disebabkan oleh faktor jantung dan hati. Tetapi pada sebagian anak –anak jaman sekarang masalah tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh kebiasaan gaya hidup yang buruk, seperti diet yang tidak sehat serta kurangnya olahraga, yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Deteksi gejala hipertensi
Hipertensi  sangatlah sulit untuk di deteksi oleh seseorang karena penyakit ini tidak memiliki gejala khusus. Gejala yang dapat kita amati sewaktu terjadi gejala-gejala ringan.
Gejala ringan yang dirasakan oleh penderita meliputi, pusing, sering gelisah, wajah merah, tengkuk terasa pegal, mudah marah, telinga berdengung, sukar tidur, sesak nafas, rasa berat di tengkuk, mudah lelah, mata berkunang-kunang, mimisan.

Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul, Faktor Resiko Hipertensi saudara menghindari  penyakit Hipertensi.