.

Kalsium Untuk Kesehatan dan Kepadatan Tulang


Mungkin kita sering mendengar bahwa kalsium penting untuk kesehatan tulang dan mencegah penyakit pengeroposan tulang atau bahasa kedokteran disebut (Osteoporosis). Tak pernah terlalu dini untuk memikirkan kepadatan tulang. Tulang memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai berikut.


Yang Pertama : Sebagai fungsi struktural untuk menyangga tubuh, membuat tungkai dan lengan berfungsi, dan melindungi organ-organ dalam seperti jantung, paru-paru dan lain sebagainya.

Yang Kedua : Untuk membentuk unsur esensial dari darah yang dibuat di bagian tengah atau sumsum tulang.

Yang Ketiga : Sebagai cadangan mineral unsur esensial.

Tulang mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang membuat tulang keras dan padat. Tubuh kita memerlukan kalsium untuk berbagai fungsi. Mulai dari membangun dan mempertahankan tulang dan gigi, membantu agar darah tidak mudah membeku, transmisi impuls saraf, mengatur ritme jantung, kontraksi otot, mengatur aktivitas enzim, dan sebagai fungsi membran sel.

Untuk menjaga kekokohan tulang, tubuh kita memerlukan suplai kalsium dan mineral-mineral dalam jumlah yang cukup. Semakin banyak kandungan mineral di dalam tulang maka semakin padat pula atau massa tulang. Jika tulang semakin padat secara umum tulang akan kuat dan mengurangi terjadinya fraktur atau patah.

Kalsium memainkan peran penting dalam membangun tulang baru. Perkembangan tulang terjadi setiap hari, sama halnya seperti kulit. Sel-sel kulit akan mengelupas dan menggantinya dengan sel yang baru. Dalam tubuh kita tulang yang tua akan digantikan dengan yang baru. Tulang merupakan jaringan hidup yang selalu berubah. Pencegahan secara umum selalu lebih baik daripada mengobati. Lebih mudah mencegah kehilangan daripada memulihkan tulang yang sudah rapuh.

Di jaman sekarang ini lebih mudah daripada jaman dulu, karena sudah banyak tersedia suplemen-suplemen kalsium yang dilengkapi dengan vitamin D yang bagus untuk tulang. Tapi lebih baik menggunakan pengobatan yang alami daripada pabrikan.

Harapan saya setelah membaca artikel yang berjudul Kalsium Untuk Kesehatan dan Kepadatan Tulang, anda mampu untuk lebih menjaga tulang. Bisa anda bayangkan saja tulang sebagai rekening bank di mana anda menabung untuk masa tua.