.

Makanan dan minuman pencegah Tak Gampang Pikun


Ikan Kaya Omega-3
Salmon merupakan ikan penyumbang omega-3 terbaik, yang penting untuk fungsi otak, jantung, dan fungsi mata. Banyak petani ikan memberi pakan jagung dan kedelai kepada ternaknya. Hal ini menyebabkan penurunan kadar omega-3 yang dikandung oleh ikan. Lebih baik makan ikan yang liar bukan ternakkan karena kandungan omega-3 masih sangat terjaga. Minyak ikan yang sudah menjadi suplemen dapat menyebabkan perut kembung atau gangguan perut. Dalam dosis tinggi minyak ikan dapat menyebabkan pendarahan. Pastikan dulu jika anda memakan suplemen apapun.


Telur
Telur kaya akan protein, para pakar gizi menyimpulkan bahwa telur makanan yang baik bagi otak karena meningkatkan fungsi ingatan. Kuning telur juga memiliki banyak manfaat bagi otak dan penting untuk fungsi ingatan.

Havermut
Jenis padi-padian utuh ini kaya akan vitamin B, yang mampu mengurangi stres oksidatif pada jaringan-jaringan tubuh. Ketika stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon Kortisol yang menyebabkan inflamasi yang merusak ingatan. Mengonsumsi padi-padian utuh seperti halnya kita menyiramkan air pada api.

Cokelat
Coklat membantu meningkatkan aliran darah ke otak yang lalu membuat pembuluh-pembuluh darah berfungsi secara lebih efisien. Coklat juga mampu mengurangi gumpalan darah dan timbunan lemak dalam arteri.

Buah-buahan Berry dan Delima
Buah seperti blueberry, canberry, blackberry, raspberry, dan delima mampu memperlambat penuan otak berkat kadar antioksidan yang tinggi. jika ingin hasil yang maksimal tambahkanlah segenggam pada sereal setiap pagi hari. Jika tidak, tambahkan ke yogurt atau campur dalam minuman.

Bayam
Sayuran hijau ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan otak.

Kopi Hitam
Kopi hitam, mampu meningkatkan ingatan dan bahkan memperbaiki otak. Kopi juga dapat menjauhkan kita dari penyakit Alzheimer’s. kafein mampu menurunkan kadar protein yang menggumpal di otak yang dapat menyebabkan kehilangan ingatan. Tapi anda juga jangan terlalu banyak meminum kopi, cukup 3 kali sehari.

Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul Makanandan minuman pencegah Tak Gampang Pikun, anda dapat terhindar dari pikun di usia senja.