.

Pantangan Bagi Penderita Hipertensi


Pantangan bagi penderita Hipertensi

A. Hindari kolesterol
Musuh utama tekanan darah tinggi ialah kolesterol, karena kolesterol dapat menyumbat pembuluh arteri. Biasanya sebagian besar makanan enak dan favorit kita itulah yang menjadi sumber dari kolesterol tersebut. Namun, masih banyak makanan sehat yang tidak kalah enaknya. Maka mulailah untuk meninggalkan makanan pantangan dengan cara bertahap, jika anda tidak dapat menerapkan secara sekaligus. Seabaiknya juga dilakukan di bawah pengawasan dokter atau orang yang biasa merawat anda.


B. Makanan berlemak
Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, dapat membahayakan kesehatan bagi penderita tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan lemak yang ada dalam tubuh akan membuat darah menjadi lengket pada dinding pembuluh darah yang dapat membuat darah menjadi menggumpal.

C. Tinggi kadar garam
Pantangan yang satu ini biasanya luput dari pengawasan kita. Total asupan sodium bagi penderita darah tinggi adalah 2.400 mg per hari atau dengan kata lain satu sendok teh. Makanan olahan atau siap saji biasanya menagndung kadar sodium yang tinggi. Sebaiknya hindari sayuran kering, snack terutama kripik, kecap, bumbu salad dan sejenisnya.

D. Protein tinggi lemak
Protein adalah komponen penting untuk perbaikan serta pembentukan sel-sel tubuh. Tetapi yang perlu anda ketahui jika protein tersebut memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi maka sangatlah tidak dianjurkan untuk anda penderita hipertensi. Makanan pantangannya seperti daging merah, seafood selain ikan, daging babi, daging ayam berkulit seta kuning telur.

E. Karbohidrat
Karbohidrat sederhana bisa menjadi pantangan bagi penderita penyakit hipertensi, karena dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dan insulin dalam darah secara drastis. Setelah gula darah naik, maka dhal tersebut dapat meningkatkan tekanan daah anda.

F. Kurangi kafein
Disarankan untuk anda penderita darah tinggi untuk mengurangi asupan kafein sehari-hari. Kopi misalnya, bisa menstabilkan tekanan darah, namun dalam kadar yang berlebihan kopi bisa memperparah tekanan darah tinggi.

G. Hindari alkohol
Jika anda peminum berat dan menderita tekanan darah tinggi sebaiknya mulai sekarang berhenti. Sebab alkohol adalah pantangan paling wajib, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah lalu merusak dinding pembuluh darah. Dalam tahap kecanduan, kemungkinan dapat menimbulkan gejala komplikasi yang serius.

 semoga artikel ini yang berjudul Pantangan Bagi Penderita Hipertensi, dapat berguna bagi sobat sekalian.