.

Tips dan Cara Penanganan Hipertensi


Faktor yang biasa menyebabkan Hipertensi adalah pola makan dan pola hidup (aktivitas tubuh). Seiring bertambahnya usia dan ditambah dua hal tersebut akan meningkatkan risiko kemunculan penyakit. Hipertensi juga dapat dikendalikan dengan melakukan diet hipertensi.


A. Diet Hipertensi
- Kandungan potasium/Kalium
Suplemen potasium dapat menurunkan tekanan darah dengan takaran 2 sampai 4 gram perhari. Potasium juga dapat diperoleh dari berbagai sayuran dan buah-buahan. Buah-buahan dan sayuran yang mengandung potasium yang baik dikonsumsi untuk tekanan darah tinggi antara lain semangka, buah pare, alpukat, melon, labu siam, mentimun, labu parang, seledri, lidah buaya, bawang putih dan bawang merah. Selain itu pula makanan yang mengandung omega-3 sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah.

- Kandungan garam
Seorang yang mengidap tekanan darah tinggi sebaiknya dapat mengontrol diri dalam menkonsumsi garam. Ada beberapa tips untuk mengontrol diet sodium/natrium ini.
Batasi konsumsi daging dan keju
Jangan meletakkan garam di atas meja makan
Hindari cemilan yang asin-asin
Pilih jumlah kandungan sodium rendah saat membeli makanan
Kurangi pemakaian saos, yang umumnya memiliki kandunag sodium.

B. Gaya Hidup sehat
Bagi penderita wajib memperhatikan pola makan. Pengurangan garam dengan drastis akan sulit dilakukan sebaiknya dengan cara bertahap dan tidak dipakai sebagai pengobatan tunggal.
Hal-hal yang juga perlu diperhatikan adalah berhenti merokok, konsumsi alkohol, dan latihan fisik secara teratur. Menghindari stres juga perlu dilakukan, buatlah suasana yang menenangkan dan lakukanlah relaksasi secara rutin setiap hari. Cara ini dilakukan untuk memberi efek tenang yang dapat mengontrol sistem saraf yang dapat menurunkan tekanan darah.

Berolahraga juga penting dalam penanganannya.  Memperbaiki gaya hidup yang kurang sehat dapat menjadi penanganan pertama Hipertensi. Olahraga seperti senam aerobik atau jalan cepat sekitar 30 menit sebanyak beberapa kali dalam sepekan sangatlah dianjurkan.

Harapan saya setelah membaca artikel ini yang berjudul, Cara penanganan Hipertensi semoga saudara bisa menangani atau mencegah penyakit Hipertensi dengan benar.