.

Cara Mudah Custom Domain Blogspot


Pada umumnya untuk mengganti custom domain blogspot anda harus menyetting DNS Record pada penyedia hosting tempat anda membeli domain yang berkahiran .com .net. org. ataupun yang gratisam seperti .tk. yang menjadi kendala adalah  tidak semua penyadia domain memberikan akses DNS Record sedangkan untuk mengubungkan domain tld dengan blogger membutuhkan DNS Record. beruntung lah kalo penyedia domain anda menyediakan layanan edit DNS Record, tapi jika tidak jangan khawatir anda maih bisa minta support ke penyedia domain atau bisa menggunakan Cloudflare untuk setting custom domain blog anda.

Caranya pun simple, anda hanya perlu menhubungkan domain anda dengan cloudflare lalu anda bisa melakukan konfigurasi DNS disana. walaupun cara ini jarang dipake oleh para blogger, kebanyakan blogger mengkonfigurasi dns pada langsung melalui penyedia domain.

Adapun langkah langkah mengganti domain blogspot menjadi custom domain dengan cloudflare dengan cara yang paling simple dan mudah adalah sebagai berikut.

  1. Anda harus memiliki akun Cloudflare, jika anda belum memiliki akun Cloudfalre silahkan regiter terlebih dahulu, jika sudah silahkan login kecloudflare anda 
  2.  Klik Add Site, untuk menambahkan domain anda kedalam cloudflare.
  3.  Ketik nama domain yang akan anda gunakan untuk custom blogspot tanpa awalan http ataupun www kemudaian klik Begin Scan untuk memulai proses scanning.
  4. Tunggu hingga proses scan selesai, jika sudah klik Continue Setup.
  5. Hapus semua record, karena kita akan membuat yang baru (jika ada warning confirm klik saja ok)
  6.  Sejenak kita tinggaljan dulu cludflare, masuk keblogger - Setelan - Dasar - Penerbitan klik Siapkan url pihak ketika blog anda.
  7.  Masukkan namadoamin tld anda dengan awalan www.domain anda kemudian klik simpan.
  8.  Untuh setelan DNS untuk diupload kecluodflare.
  9.  Kembali lagi kecloudflare klik tombol advanced
  10.  Ulpoud file dns yang tadi didownload dari blogger
  11. Setelah Upload dns berhasil akan muncul konfigurasi DNS secara otomatis, klik Continue untuk melanjutkan, pilih Cloudfalre Plan ( kalo saya pilih yang gratis alias ga berbayar : Free Website )
  12. Selanjutnya akan muncu nameserver cloudflare, catat dan ganti nameserver domain anda sesuai petunjuk yang ada, agar mengarah kecloudflare.
  13.  Sebagai contoh, kali ini saya menggunakan penyedia domain dari Ardetamedia, login ke member area dan update nameserver sesuai petunjuk dari cloudfare
  14. kebali lagi halaman cloudflare, pastikan settingan sudah sesuai dan mengarah ke cloudfare
  15. Refresh halaman Overview cloudfalre tunggu beberapa saat mingga status menjadi AKTIF. Proses ini lamanya berbeda beda ada yang cepat ada lambat, tergantung dari propagasi DNS penyedia domain bisanya tidak lebih dari 1 menit atau paling lama tidak lebih dari 24 jam
  16.  Setelah status di cloudflare aktif saatnya kembali lagi kehalaman terakhir blogger yang sempat kita tinggalkan setelah mendownload dns untuk custom domain.
  17. Jika berhasil maka tampilanya akan seperti ini.
sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mensetting custom domain blogspot emnjadi domain tld, untuk mengeceknya ketikkan nama custom domain anda diaddresbar browser.

0 Response to "Cara Mudah Custom Domain Blogspot"

Poskan Komentar